Selasa, 04 Agustus 2020

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (3.2 Mengidentifikasi Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur)

LAMPIRAN LKPD 3.2

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

                                   MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

KELAS XI SEMESTER GANJIL

 

Nama Siswa/Kelompok    : 

Anggota Kelompok           :  1.

   2.

   3.

   4.

Hari/Tanggal Tugas                  :

Jenis Tugas                     :  Penugasan

Skor Nilai                        :

Paraf Guru                      :

A.  KOMPETENSI DASAR

     3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur

 

  B.  TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah berdiskusi dan menggali informasi melalui model pembelajaran Discovery Learning (belajar menemukan informasi) peserta didik dapat:

1.    Mengungkapkan kembali struktur teks prosedur

2.    Mengungkapkan kembali aspek kebahasaan teks prosedur

 

 

C.  LANGKAH  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Cermati teks prosedur di bawah ini!

 

Cara Membuat Minyak Kemiri

 

Kemiri adalah salah satu jenis rempah-rempah yang mudah ditemukan di Indonesia.

 

Bahan dan cara pembuatan:

Sediakan 5 hingga 10 butir kemiri utuh, cuci bersih dan keringkan. Anda dapat membakar kemiri hingga hitam diatas bara api kecil atau masukkan kemiri dalam wajan yang sudah dipanaskan tanpa minyak alias disangrai. Sangrai kemiri hingga berwarna hitam kecoklatan, angkat. Sediakan kain kasa atau kain serbet makan dan bungkus kemiri Tumbuk kemiri dari luar hingga hancur sambil ditekan. Pada proses tersebut minyak kemiri dapat sesekali diperas dan ditaruh pada sendok (pemerasan dilakukan dengan kain kasa). Minyak kemiri siap dipakai.

Nah, itu tadi cara mendapatkan minyak kemiri dengan usaha sendiri tanpa harus membeli, lebih hemat dan lebih alami.

 

 

 

 

1.    Identifikasi struktur teks prosedur “Cara  Membuat Minyak Kemiri” di atas dan tuliskan pada tabel di bawah ini!

 

No.

 

Struktur

Teks Prosedur

Bukti Kutipan

Teks Prosedur

(Kalimat/Paragraf)

Total

Skor

(12)

 

1.

Tujuan

 

 

 

2

Material

(Bila ada)

 

 

3

Langkah-Langkah

1.

2.

3.

 

 

 

4

 

 

 

Penegasan ulang

(Bila ada)

 

 

 

 

 

 

Total Skor

12

Pedoman Penskoran: 

Skor Perolehan Siswa X100 =........

       Skor Maksimal (12)

 

 

 

2.    Identifikasi kaidah kebahasaan teks prosedur di atas dan tuliskan pada tabel di bawah ini!

 

 No

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Bukti Kutipan Teks prosedur

(Bukti Kalimat)

 

Total

Skor

6

 

1.

Kalimat imperatif/perintah

 

 

2

Kalimat deklaratif/pernyataan

 

 

 

 

3

Kalimat deskripsi alat yang digunakan

 

 

 

 

4

Konjungsi penjumlahan

 

 

 

 

5

Partisipan manusia/kata ganti orang

 

 

 

 

 

6

 

Terdapat kalimat persuasif

 

 

Total Skor

6

Pedoman Penskoran: 

Skor Perolehan Siswa X100 =........

       Skor Maksimal (6)

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar