LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS
XI SEMESTER GANJIL
Nama
Siswa/Kelompok :
Anggota
Kelompok : 1.
2.
3.
4.
Hari/Tanggal Tugas :
Jenis Tugas : Penugasan
Skor
Nilai :
Paraf
Guru :
A. KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengonstruksi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur.
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah berdiskusi dan menggali
informasi melalui model pembelajaran Discovery Learning (belajar menemukan
informasi) peserta didik dapat:
1. Menunjukkan
pernyataan umum dalam satu kegiatan.
2. Menuliskan
tahapan-tahapan sebagai prosedur dalam melakukan sesuatu.
C.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Bacalah teks berjudul “Cara Membuat Blog! manakah bagian-bagian yang termasuk ke dalam penyataan
umum dan tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan? Jawablah pada tabel berikut ini!
2.
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
Cara Membuat Blog
Blog
mulai dikenal apalagi dengan banyaknya pengguna internet saat ini yang semakin
melonjak. Penggunaan blog sebagai media sangat dibutuhkan guna menunjang segala
kebutuhan berita dan informasi terkait apapun. Berikut adalah cara membuat blog
bagi pemula yang dapat digunakan pada blogspot.
1. Setelah anda
sampai pada halaman google
2. Kunjungi http://www.blogger.com
3. Daftarkan
email anda (gmail)
4. Usai berhasil
login, maka anda akan menuju halaman dashboard blog, dan anda bisa memulai
membuat blog baru
5. Isikan kolom
judul, alamat blog yang ingin anda buat, dan memilih latar belakang blog anda
untuk tampilan yang bagus
6. Setelah
selesai tinggal klik tombol “buat blog”
7. Tunggu
beberapa saat, dan blog anda siap digunakan.
Sumber:
D. LEMBAR
JAWABAN SISWA
Tugas 1
|
Pernyataan
Umum (Bukti
Kutipan/Kalimat) |
Langkah-langkah
Kegiatan (Bukti
Kutipan/Kalimat |
Total
Skor (4) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tugas
2
|
No. |
Pertanyaan |
Jawaban |
Total Skor (10) |
|
1. |
Mengapa
bagian atas dinamakan “penjelasan umum”? |
|
|
|
2. |
Apakah
tahapan-tahapan pada bagian selanjutnya sudah jelas? |
|
|
|
3. |
Apakah
perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya? |
|
|
|
4. |
Dari
isinya, menjelaskan tentang apakah teks prosedur tersebut? |
|
|
|
5. |
Bagaimana karakteristik umum dari teks prosedur? |
|
|
E. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.
Penilaian Sikap
|
No. |
Hari/ Tgl |
Nama
Siswa |
Perilaku |
Positif/Negatif |
Tindak
Lanjut |
|
1. |
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
(Penugasan)
Pedoman Penskoran
Tugas 1
|
No. |
Indikator yang
Dinilai |
Skor |
|
1. |
Peserta didik
dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur dengan sangat
tepat |
4 |
|
2. |
Peserta didik
dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur dengan tepat |
3 |
|
3. |
Peserta didik
dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur dengan cukup
tepat |
2 |
|
4. |
Peserta didik
dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur
dengan kurang tepat |
1 |
|
|
Total Skor |
4 |
Pedoman
Penskoran: Skor
Perolehan Siswa X100 =........
Skor
Maksimal (14)
Pedoman Tugas 2
|
No. |
Indikator yang
Dinilai |
Skor |
|
1. |
Peserta didik
menjawab soal 5 nomor dengan tepat |
5 |
|
2. |
Peserta didik
menjawab soal 4 nomor dengan tepat |
4 |
|
3. |
Peserta didik
menjawab soal 3 nomor dengan tepat |
3 |
|
|
Peserta didik
menjawab soal 2 nomor dengan tepat |
2 |
|
4. |
Peserta didik
menjawab soal 1 nomor tepat |
1 |
|
|
Total Skor |
5 |
Pedoman
Penskoran: Skor
Perolehan Siswa X100 =........
Skor
Maksimal (5)
......., …………..
2020
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran,
Kepala…………………
………………………… …………………………..
NIP.
……………........ NIP.
……………………..
Referensi:
https://www.studiobelajar.com/teksprosedur/diunduhtanggal24/06/2020.
https://www.cryptowi.com/contoh-teks
prosedur/diunduhtanggal01/07/2020.
Kemendikbud
RI. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia
untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Edisi Revisi 2017. Jakarta: Gramadia.
Kemendikbud
RI. 2017. Siswa Guru Bahasa Indonesia
untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Edisi Revisi 2017. Jakarta: Gramadia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar